Entri Populer

Rabu, 15 Desember 2010

Sejarah singkat SDN 2 Semanding Kec. Jenangan Kab. Ponorogo


BAB I
PENDAHULUAN
A.           LATAR BELAKANG
Dengan semakin meningkatnya status pendidikan di Indonesia serta di pengaruhinya segala aspek kehidupan dengan adanya era globalisasi, maka sejarah suatu bangsa akan semakin terpinggirkan dikarenakan tidak adanya pemahaman serta ke mengertiannya tentang sejarah tentang keberadaan suatu kejadian.
Hal ini sudah jamak terjadi di Negara tercinta ini, dimana semakin banyak saja dari anak nagsa ini yang tidak tahu bahkan tidak memahami bagaimana Negara tercinta ini bisa berdiri, bagaimana proses yang menyertainya begitu panjang. Pancasila yang sebagai dasar Negara saja, banyak dari anak negeri ini yang kurang begitu hapal. Hal ini bukan karena tidak di ajarkannya di lembaga pendidikan resmi. Menurut kami hal ini tyerjadi karena begitu kompleknya aspek kehidupan yang harus mereka penuhi. Sehingga hal yang menurut mereka tidak mendudukung aspek kehidupan begitu mudahnya mereka tinggalkan.
Atas dasar hal ini maka tidak ada salahnya jika keberadaan suatu daerah, tempat ataupun apapun itu. Masyarakat di ajak untuk memahami dengan cara berbagai macam kegiatan yang menunjang di dalamnya.
Seiring dengan berkembangnya ilmu pengetahuan dan tehnologi (iptek)  yang terus melaju secara eksponensial dan derasnya arus informasi yang menggelinding deras bak bola salju membuat dunia seolah makin sempit. Jarak yang jauh dan dunia yang luas bukan lagi merupakan problematika.  Kebutuhan hidup manusia yang komplek dan variatip kini makin mudah  terjangkau, termasuk kebutuhan akan informasi dari berbagai belahan dunia.  Informasi tentang segala hal yang berhubungan dengan iptek dan kehidupan manusia. Ya.... kebutuhan akan informasi  yang cepat, akurat dan lengkap di era milenium  menjadi salah satu kebutuhan yang primer dan mendesak Kondisi ini menuntut konsekwensi pada tersedianya sarana prasarana dan peningkatan kualitas sumber daya manusia yang mumpuni.
Sebagai sekolah, SD Negeri 2 Semanding No. 67 Kecamatan Jenangan Kabupaten Ponorogo mempunyai komitmen yang tinggi untuk melengkapi segala fasilitas dan sarana prasarana serta peningkatan kualitas tenaga pendidik dan tenaga kependidikan demi tergapainya asa yang telah dicanangkan dan digantungkan tinggi di angkasa.  Secara perlahan tapi pasti infrastruktur dan suprastruktur SD Negeri 2 Semanding No. 67 Kecamatan Jenangan Kabupaten Ponorogo terus dibenahi dan dilengkapi agar SD Negeri 2 Semanding No. 67 Kecamatan Jenangan Kabupaten Ponorogo bukan sekedar nama tetapi benar-benar sesuai dengan standar sekolah umumnya.
Dalam asa yang kami citakan prestasi-prestasi yang telah dicapai, dan keinginan-keinginan yang ingin dicapai. Menjadikan sekolah ini berusaha secara maksimal memenuhi harapan – harapan itu.
Saat ini keluarga besar SD Negeri 2 Semanding No. 67 Kecamatan Jenangan Kabupaten Ponorogo tengah menyatukan hati dan pikiran, menyingsingkan lengan baju, bergandengan tangan merangkai bait demi bait visi dan misi agar nantinya tercipta sebuah tembang keberhasilan dengan menjadi sekolah bertaraf nasional sampai pada internasional yang menjadi dambaan dan kebanggan masyarakat Desa Semanding Kecamatan Jenangan Kabupaten Ponorogo.  Pahit manis perjuangan dan tetes peluh yang bercucuran tidak kami rasakan agar dapat merasakan manisnya buah keberhasilan. Untuk sebuah kemajuan kami pantang mundur dan untuk sebuah keberhasilan kami akan ” bekerja demi anak negeri ”.
Semoga Allah SWT selalu meridhoi dan memberkati kita semua. Maju pendidikan di SD Negeri 2 Semanding No. 67 Kecamatan Jenangan Kabupaten Ponorogo. Maju pendidikan di Kabupaten Ponorogo. Maju pendidikan di Provinsi Jawa Timur. Maju pendidikan di Indonesia.
B.           BATASAN MASALAH

Dengan di dasari pada keinginan yang begitu tinggi maka kami hanya mengungkapkan berbagai informasi yang kita peroleh dan kami dapatkan di antaranya sebagai berikut.
1.            Sejarah Berdirinya SD Negeri 2 Semanding No. 67 Kecamatan Jenangan Kabupaten Ponorogo
2.            Informasi mantan Kepala Sekolah di SD Negeri 2 Semanding No. 67 Kecamatan Jenangan Kabupaten Ponorogo
3.            Visi, Misi dan Tujuan Sekolah SD Negeri 2 Semanding No. 67 Kecamatan Jenangan Kabupaten Ponorogo
4.            Program Kerja SD Negeri 2 Semanding No. 67 Kecamatan Jenangan Kabupaten Ponorogo
5.            Bebagai hal berkaitan dengan SD Negeri 2 Semanding No. 67 Kecamatan Jenangan Kabupaten Ponorogo di masa sekarang

Hal ini dengan maksud untuk mengetahui sejauh mana keberadaan SD Negeri 2 Semanding No. 67 Kecamatan Jenangan Kabupaten Ponorogo. Yang ada di Desa Semanding Kecamatan Jenangan Kabupaten Ponorogo ini turut serta dalam percaturan pendidikan di tanah air.
Dengan pembatasan ini diharapkan masyarakat Desa Semanding Kabupaten Ponorogo semakin terpanggil turut serta dan mendukung program – program yang di canangkan oleh Pemerintah yang di implementasikan di SD Negeri 2 Semanding No. 67 Kecamatan Jenangan Kabupaten Ponorogo.
Sebagaimana yang jamak terjadi eratnya komunikasi antara sekolah dalam hal ini lembaga pendidikan dengan masyarakat yang terwakilkan dengan Komite Sekolah, maka dapat di lihat semakin intennya pertemuan antara Sekolah dengan wakil masyarakat tersebut.


C.           TUJUAN  PENULISAN
Seperti yang teruraikan di depan “ BANGSA YANG BESAR ADALAH BANGSA YANG BISA MENGHARGAI JASA PARA PAHLAWAN – PAHLAWANNYA “, Maka kami mencoba menggali benang merah tentang keberadaan SD Negeri 2 Semanding No. 67 Kecamatan Jenangan Kabupaten Ponorogo Propinsi Jawa Timur dengan tujuan      :
1.            Mengetahui serta memahami dengan seksama keberadaan SD Negeri 2 Semanding No. 67 Kecamatan Jenangan Kabupaten Ponorogo.
2.            Mendukung dengan sebaik – baiknya segala program – program sekolah yang berimplikasikan pada mencerdaskan anak bangsa.
3.            Memperoleh suatu gambaran yang baik tentang SD Negeri 2 Semanding No. 67 Kecamatan Jenangan Kabupaten Ponorogo.
4.             Menggali peran serta dari Masyarakat terhadap SD Negeri 2 Semanding No. 67 Kecamatan Jenangan Kabupaten Ponorogo, yang berimbas demi kemajuan putra – putri masyarakat Desa Semanding Khususnya serta Masyarakat Indonesia pada umumnya.
5.            Mempertontonkan kepada masyarakat sekitar sekolah khususnya dan Desa Semanding umumnya bahwa inilah SD Negeri 2 Semanding No. 67 Kecamatan Jenangan Kabupaten Ponorogo. Bahwa sekolah ini ada dan mempunyai standar kompetensi juga.
6.            Memacu kerja para karyawan dan tenaga kependidikan di SD Negeri 2 Semanding No. 67 Kecamatan Jenangan Kabupaten Ponorogo. Sehingga keberdaan mereka dihargai sebagaimana semestinya.

Masih banyak tujuan – tujuan yang kami harapkan dengan terselesaikannya penulisan buku ini. Namun semua itu akan menjadi catatan tersendiri bagi kami pengelola SD Negeri 2 Semanding No. 67 Kecamatan Jenangan Kabupaten Ponorogo Propinsi Jawa Timur.
Semoga masyarakat Desa Semanding semakin mencintai serta merasa memiliki SD Negeri 2 Semanding No. 67 Kecamatan Jenangan Kabupaten Ponorogo.
D.          METODE  PENULISAN

Dalam menggali informasi ini kami melakukan beberapa metode di antaranya                 :
1.            Wawancara langsung ke Sumber Informasi antara lain                  :
a.       Kepala Desa Semanding
b.      Perangkat Desa Semanding
c.       Tokoh Masyarakat Desa Semanding
d.      Komite Sekolah SD Negeri 2 Semanding No. 67 Kecamatan Jenangan Kabupaten Ponorogo
e.       Mantan Kepala Sekolah SD Negeri 2 Semanding No. 67 Kecamatan Jenangan Kabupaten Ponorogo
f.        Mantan Para Pendidik SD Negeri 2 Semanding No. 67 Kecamatan Jenangan Kabupaten Ponorogo
g.       Guru dan Karyawan aktif SD Negeri 2 Semanding No. 67 Kecamatan Jenangan Kabupaten Ponorogo
h.       Berbagai pihak yang mengetahui secara jelas tentang SD Negeri 2 Semanding No. 67 Kecamatan Jenangan Kabupaten Ponorogo

2.            Deskripsi berbagai sumber yang berkaitan dengan berdirinya SD Negeri 2 Semanding No. 67 Kecamatan Jenangan Kabupaten Ponorogo yang ada di SD Negeri 2 Semanding No. 67 Kecamatan Jenangan Kabupaten Ponorogo.
3.            Kajian – kajian sejarah dari berbagai sumber yang potensi.


Dengan melibatkan berbagai sumber informasi ini, akan menjadikan terselesaikannya penulisan sejarah SD Negeri 2 Semanding No. 67 Kecamatan Jenangan Kabupaten Ponorogo ini lebih akurat. Walaupun masih jauh dari pengharapan semuanya. Namun harapan kita semuanya terpenuhi semua tujuan yang kami harapkan.




BAB. II
SEJARAH SINGKAT
BERDIRINYA SD NEGERI 2 SEMANDING NO. 67
KECAMATAN JENANGAN KABUPATEN PONOROGO

Sebelum SD Negeri 2 Semanding No. 67 Kecamatan Jenangan Kabupaten Ponorogo ini berdiri. Sekolah Dasar yang ada di Kecamatan Jenangan ini belumlah begitu banyak. Sehingga masyarakat jika mau menyekolahkan putra – putrinya sangatlah jauh. Hal inilah yang menjadi kendala yang begitu kompleks. Pemerintah dalam menghadapo persoalan yang banyak terjadi di Indonesia ketiku itu, menjawab dengan Pembangunan Sekolah melalui Intruksi Presiden atau di singkat INPRES. Program pemerintah dalam upaya memenuhi kebutuhan akan pendidikan sebagaimana yang tercantum dalam alinia ke 4  Pembukaan Undang – Undang Dasar 1945, “ Mencerdaskan Kehidupan Bangsa “. Maka Pemerintah melalui program Intruksi Presiden kala itu berusaha memenuhi tuntutan dari Undang – Undang Dasar 1945. Sehingga satu kewajiban Pemerintah sudah mulai terpenuhi di bidang Pendidikan.
Desa Semanding kala itu di minta oleh Pemerintah untuk menyediakan sebidang lahan yang sedianya akan di dirikan sekolahan. Desa Semanding ketika itu di Pimpin oleh Bapak SUDIRO (alm) atau lebih terkenal dengan nama SUMO DIHARJO.
Bapak Kepala Desa SUMO DIHARJO berusaha memenuhi keinginan dari Pemerintah dengan jalan membeli sebidang tanah dari NDORO ONDER ketika itu.
Setelah mendapatkan lahan yang akan dipergunakan untuk mendirikan sekolahan, Maka Pemerintah melalui Intruksi Presiden, pada Tahun 1977 mulai membangun cikal bakal gedung SD Negeri 2 Semanding No. 67 Kecamatan Jenangan Kabupaten Ponorogo. CV yang ditugasi untuk membangun gedung SD Negeri 2 Semanding No. 67 Kecamatan Jenangan Kabupaten Ponorogo adalah CV. ILHAM dari Ponorogo. CV ILHAM di pimpin oleh Bapak SUFIKRI. Lahan yang di bangun adalah lahan yang sebelah barat.
Pada tahun 1978 CV GUNUNG MAS yang dipimpin oleh Bapak GUNUNG di serahi tugas oleh Pemerintah untuk membangun gedung baru di lahan tanah sebelah timur.
Pada tahun 1980 SD Negeri 2 Semanding No. 67 Kecamatan Jenangan Kabupaten Ponorogo untuk pertama kalinya menerima siswa baru kurang lebih 20 siswa. Ketika itu yang menjadi tenaga pengajar adalah                    :
1.      Ibu SUPRIYANTI                               :     dari Maospati, Magetan
2.      Ibu ERLA ZULAICHA                        :     dari Ponorogo 
3.      Bapak SARNO                                    :     dari Semanding, Jenangan, Ponorogo sebagai tenaga sukwan Penjaga.
Sedangkan pada awal berdirinya SD Negeri 2 Semanding No. 67 Kecamatan Jenangan Kabupaten Ponorogo, yang menjadi Kepala Sekolah adalah                       :
1.      Bapak BUDI WIBOWO yang merangkap di SD Negeri 2 Semanding No. 67 Kecamatan Jenangan Kabupaten Ponorogo. Beliau aktif berdinas di SD Negeri 1 Semanding yang lebih dulu berdiri.
2.      Bapak KATIMIN dari Cokromenggalan, Kecamatan Kota Ponorogo, dilanjutkan
3.      Bapak ABU SAMSU HANANTO dari Kelurahan Setono Kec. Jenangan
4.      Bapak MUHAMMAD HARIS SUPRAPTO  dari  Cekok Kec. Babadan
5.      Ibu ISWANTIJAH dari Desa Pintu Kec. Jenangan
6.      Bapak Drs. SAMSUL MAHMUDI dari Desa Plalangan Kec. Jenangan Kab. Ponorogo
7.      Mulai 01 Juli 2010 yang mengelola SD Negeri 2 Semanding No. 67 Kecamatan Jenangan Kabupaten Ponorogo adalah Bapak EDY SUNARYOTO, S.Pd. Berasal dari Kelurahan Selosari Kecamatan Magetan Kabupaten Magetan.
Sejak berdiri sampai saat dimana buku ini terbit, SD Negeri 2 Semanding No. 67 Kecamatan Jenangan Kabupaten Ponorogo baru ada 2 (dua) penjaga sekolah yaitu             :
1.      Bapak SARNO, beliau mengabdikan diri di SD Negeri 2 Semanding No. 67 Kecamatan Jenangan Kabupaten Ponorogo mulai berdiri sampai dengan purna tugas 01 Maret 2005.
2.      Setelah Bapak SARNO purna tugas, SD Negeri 2 Semanding No. 67 Kecamatan Jenangan Kabupaten Ponorogo mengangkat penjaga sukwan yaitu Bapak SUMARNI yang beralamat Desa Semanding Kecamatan Jenangan Kabupaten Ponorogo. Sampai saat ini Bapak SUMARNI telah ditetapkan dan di angkat sebagai tenaga penjaga difinitif PNS di SD Negeri 2 Semanding No. 67 Kecamatan Jenangan Kabupaten Ponorogo.

Demikian sekelumit sejarah berdirinya SD Negeri 2 Semanding No. 67 Kecamatan Jenangan Kabupaten Ponorogo. Semoga setitik benang merah berdirinya SD Negeri 2 Semanding No. 67 Kecamatan Jenangan Kabupaten Ponorogo akan menjadi penghantar terselenggaranya pendidikan yang baik di lingkungan masyarakat Desa Semanding Kecamatan Jenangan Kabupaten Ponorogo.


















BAB  III
VISI, MISI DAN TUJUAN SEKOLAH

A.           TUJUAN PENDIDIKAN DASAR
Tujuan pendidikan dasar adalah meletakkan dasar kecerdasan, pengetahuan, kepribadian, akhlak mulia, serta keterampilan untuk hidup mandiri dan mengikuti pendidikan lebih lanjut.

B.           VISI, MISI DAN TUJUAN SEKOLAH
           
1. Visi
:

Berprestasi, Berkepribadian, Berdasarkan Iman dan Taqwa.
2.Misi
:
2.1
Melaksanakan KBM dan Bimbingan yang efektif dan optimal sesuai dengan tugas dan kewajibannya


2.2
Meningkatkan kinerja guru dengan peningkatan sumber daya manusia


2.3
Melaksanakan Bimbingan dan Penyuluhan dalam berperilaku santun


2.4
Menciptakan siswa berkepribadian dan berbudi luhur di sekolah, di keluarga serta di masyarakat


2.5
Meningkatkan ketaqwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa
3.Tujuan
:
3.1
Meningkatkan kemampuan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi bagi peserta didik


3.2
Meningkatkan kinerja dan kualitas pendidikan dalam meraih prestasi siswa


3.3
Berperilaku sopan terhadap guru, orang tua, dan masyarakat


3.4
Dapat melaksanakan ibadah sesuai dengan ajarannya


3.5
Komite dan Masyarakat merasa andarbeni dan bertanggung jawab adanya sekolah yang ada di lingkungannya.

Mengapa harus ada visi apa pula misi dan seterusnya, dengan semakin berkembangnya berbagai aspek kehidupan. Masyarakat juga dituntut tanggung jawabnya terhadap kelangsungan pendidikan bagi putra – putrinya. Entuk inilah orang tua selayaknya tahu dan mengerti tentang visi, misi serta tujuan sekolah dimana putra – putrinya menuntut ilmu.
Visi merupakan arah dimana sekolah mempunyai tujuan yang jelas kemana peserta didik atau siswa dibawa. Dengan visi inilah sekolah berupaya melaksanakan pendidikan di lembaga yang bersangkutan. 
Visi SD Negeri 2 Semanding No. 67 Kecamatan Jenangan Kabupaten Ponorogo adalah Berprestasi, Berkepribadian, Berdasarkan Iman dan Taqwa. Dapat kami jabarkan.
Bahwa SD Negeri 2 Semanding No. 67 Kecamatan Jenangan Kabupaten Ponorogo mempuyai suatu tujuan para peserta didiknya memiliki prestasi yang membanggakan di tingkat Kecamatan, Kabupaten bahkan tingkat Nasional.
Kepribadian yang baik merupakan dambaan dan idaman para orang tua. Untuk inilah selain prestasi yang diharapkan para siswa di SD Negeri 2 Semanding No. 67 Kecamatan Jenangan Kabupaten Ponorogo  memiliki kepribadian yang baik, sopan, bertutur kata yang lembut serta kepribadian yang matang dalam menyikapi suatu permasalahan.
Seluruh prestasi serta kepribadian itu harus Berdasarkan Iman dan Taqwa. Dengan iman serta ketaqwaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa. SD Negeri 2 Semanding No. 67 Kecamatan Jenangan Kabupaten Ponorogo mencoba mencetak generasi penerus bangsa yang siap lahir maupun batinnya. Dengan pendidikan budaya dan karakter bangsa SD Negeri 2 Semanding No. 67 Kecamatan Jenangan Kabupaten Ponorogo mencoba mengimplementasikan pendidikan ini. Sehingga para siswa di SD Negeri 2 Semanding No. 67 Kecamatan Jenangan Kabupaten Ponorogo memiliki pegangan keimanan serta ketaqwaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa.
Misi sebuah lembaga adalah bagaimana cara lembaga itu dalam mencapai visinya. Sehingga misi merupakan langkah – langkah dalam melaksanakan keberhasilan suatu Visi.
SD Negeri 2 Semanding No. 67 Kecamatan Jenangan Kabupaten Ponorogo  melaksanakan berbagai langkah dalam menggapai visi yang telah ditetapkan tersebut. Misi ini akan terlaksana dengan baik jika para tenaga pendidik pada satuan pendidikan memiliki komitmen yang terarah serta terprogram dengan baik. Tidak kalah pentingnya peran serta orang tua serta komite sekolah dalam upaya mewujudkan Visi tersebut kelihatan serta aktif mendukung program – program dari SD Negeri 2 Semanding No. 67 Kecamatan Jenangan Kabupaten Ponorogo.
Sedangkan tujuan adalah tujuan sekolah dalam meyelenggarakan pendidikan. Dengan tujuan inilah sekolah berusaha mewujudkan terselenggaranya pendidikan yang berdasar pada Visi dan Misi tersebut.
SD Negeri 2 Semanding No. 67 Kecamatan Jenangan Kabupaten Ponorogo memiliki tujuan sebagaimana tersebut di atas. Yang teramat penting tujuan sekolah tidak akan tercapai tanpa ada peran serta yang aktif dari berbagai pihak baik pendidik, tenaga pendidikan maupun orang tua serta komite sekolah, tidak kalah pentingnya peran Kepala Sekolah dalam me managemen perangkat sekolah yang dipimpinnya.
Jika berbagai pihak yang terlibat dalam kepentingan ini sudah baik maka merupakan suatu hal yang mungkin terjadi SD Negeri 2 Semanding No. 67 Kecamatan Jenangan Kabupaten Ponorogo menjadi sekolah yang baik dan tergapai apa yang menjadi idaman guru maupun orang tua murid.


 BAB  IV
PROGRAM – PROGRAM SEKOLAH
PROGRAM KERJA SEKOLAH
SD NEGERI 2 SEMANDING NO. 67
KECAMATAN JENANGAN KABUPATEN PONOROGO




Untuk mewujudkan SD Negeri 2 Semanding No. 67 Kecamatan Jenangan Kabupaten Ponorogo menjadi sekolah pilihan utama bagi masyarakat Islam / pengguna jasa pendidikan di Wilayah Desa Semanding dan sekitarnya, dan dalam rangka menciptakan Generasi yang : Beriman, Bertaqwa, Cerdas, Terampil, Percaya diri, Disiplin, Bertanggung jawab, Cinta Tanah Air, Berguna bagi Nusa dan Bangsa, maka disusun program Kerja baik jangka pendek maupun jangka panjang yang terbagi menjadi Dua Bidang yaitu :

1.    Program Fisik

Fisik gedung SD Negeri 2 Semanding No. 67 Kecamatan Jenangan Kabupaten Ponorogo terdapat kerusakan yang disebabkan oleh usia bangunan itu sendiri, maupun karena ulah anak-anak, maupun kurangnya Sarana dan Prasarana yang ada, untuk itu disusunlah Program Jangka Pendek maupun jangka Panjang yang tersusun sebagai berikut  :
A.    Program Jangka Pendek ( 4 Tahun )
  1. Perbaikan dan Pemasangan Sound System untuk berbagai kegiatan Outdoor
  2. Perbaikan jendela kantor Guru
  3. Penataan kantor guru
  4. Pemasangan Internet dan Faximile
  5. Perbaikan dan penambahan kamar mandi dan tempat wudhu
  6. Penambahan almari kantor dan guru
  7. Pemasangan AC di ruang Komputer
  8. Pembuatan papan pajangan di dinding
  9. Pengadaan mebelair kelas yang cukup
B.   Program Jangka Panjang (8 Tahun)
  1. Pembuatan taman sekolah
  2. Pembuatan Papan Nama sekolah
  3. Memperlebar ruang laboratorium Komputer dan menambah jumlah komputer
  4. Melengkapi perlengkapan ruang kelas yang memadai
  5. Penutupan saluran air depan sekolah

2. Program Non Fisik

Program non fisik digolongkan menjadi 3 yaitu :
  1. Peningkatan Kesejahteraan Guru dan Karyawan
  2. Peningkatan Kualitas Guru dan karyawan
  3. Peningkatan Prestasi sekolah
A.  Peningkatan Kesejahteraan Guru dan Karyawan :
  1. Peningkatan pendapatan
  2. Lancarnya kenaikan gaji berkala / pangkat
  3. Mengusahakan gaji guru dan karyawan SD Negeri 2 Semanding No. 67 Kecamatan Jenangan Kabupaten Ponorogo  meningkat dengan nilai yang memadai
  4. Tambahan Penghasilan lain yang sesuai dengan tugas dan tanggungjawabnya.

B.   Peningkatan Kualitas Guru dan Karyawan
  1. Ke Islaman menjadi tanggung jawab sekolah Bidang Ke-Agamaan. Dengan berbagai macam kegiatan Ke Islaman diyakini mempunyai andil besar terhadap kesejahteraan batin para guru dan karyawan , sehingga akan merasa ikhlas dan bangga menjadi guru SD Negeri 2 Semanding No. 67 Kecamatan Jenangan Kabupaten Ponorogo
  2. Wawasan Bidang Umum :
    -    Mengadakan Bimbingan umum dan supervisi
    -    Melalui penataran dan Ceramah agama / ilmiah
    -    Pemberian insentif dan penghargaan kepada guru dan karyawan yang berprestasi
    -    Studi banding dan seminar
    -    Lomba antar guru dan pemberian tugas khusus
    -    DP 3
    -    Kelompok Kerja Guru dan Karyawan / KKG
    -    Memberikan kesempatan melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi
C.   Peningkatan Prestasi Sekolah.
Prestasi sekolah pada dasarnya ada dua yaitu Prestasi akademik dan Non Akademik :
  1. Prestasi akademik, jangka pendek ( 4 tahun ) yang ingin diraih adalah minimal mempertahankan prestasi yang sudah ada yaitu berprestasi di tingkat Kota dan Propinsi, sedangkan program jangka panjang ( 8 Tahun ) , sekolah dapat berprestasi di tingkat Nasional maupun Internasional
  2. Prestasi Non Akademik misalnya di bidang Olahraga minimal dapat berprestasi di tingkat kota dan mengarah pada tingkat propinsi dan nasional


BAB  V
PENUTUP

Sampailah kita pada bagian akhir dari buku ini. Banyak harapan – harapan yang tergantung disana. Bagaimanakah kita menyikapi semua permasalahan tersebut. Sekelumit kisah perjalanan SD Negeri 2 Semanding No. 67 Kecamatan Jenangan Kabupaten Ponorogo ini semoga menjadi bahan renungan bagi kita semua. Bahwa segala daya serta upaya ini akan berhasil dengan baik jika ada kemauan dan tidak kalah pentingnya adalah sebuah pengorbanan.
Tiada gading yang tidak retak, peribahasa ini sesuai dengan adanya buku ini. Tanpa bantuan dari berbagai pihak tidak mungkin buku ini selesai di buat. Untuk inilah sekali lagi, Penulis sangat berharap kritik serta saran yang baik demi kesempurnaan buku ini.
Akhirnya selamat membaca semoga bermanfaat bagi kita semua amin ya robbal alamin.











Terima Kasih.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar