Entri Populer

Rabu, 15 Desember 2010

PROGRAM SEKOLAH


PEMERINTAH KABUPATEN PONOROGO
DINAS PENDIDIKAN
SEKOLAH DASAR NEGERI 2 SEMANDING NO. 67
Jln. Raya Ngebel No. 192 Desa Semanding Telp. (0352) 531540




 
 
KECAMATAN JENANGAN – KABUPATEN PONOROGO

PROGRAM SEKOLAH TAHUN AJARAN 2010/2011

KATA PENGANTAR
Sejalan dengan kebijaksanaan Pemerintah mengupayakan adanya Reformasi di bidang pendidikan dari Sistem Sentralistik ke Desentralistik, Manajemen berbasis sekolah ( MBS ) menjadi strategi Pemerintah kita dalam memperkuat kehidupan demokrasi, melalui Desentralisasi kekuasaan sumberdaya manusia dan dana.sampai ke tingkat masyarakat sekolah.
Dengan peran serta masyarakat ( PSM ) yang dibentuk dengan adanya komite sekolah.untuk ikut merencanakan segala kebutuhan murid , sarana prasarana dan masyarakat ikut meningkatkan hasil pembelajaran manuju peningkatan mutu pendidikan serta penuntasan wajib belajar dengan melalui pembelajaran aktif, kreatif, efektif dan menyenangkan ( PAKEM ) serta melaksanakan sekolah gratis, transparan untuk menuju sekolah Anti KKN.
Kami sadar selaku pelaksana pendidikan terdepan, apa yang digariskan oleh pemerintah untuk menghasilkan maksimal sesuai dengan program Garis Besar Haluan Negara ( GBHN ) serta Wawasan Wiyata Mandala. Sekolah merupakan pusat kebudayaan di bidang kemajuan Tehknologi ( IPTEK ) maupun ketakwaan ( IMTAG) serta lingkungan yang bersih, sehat, aman, tertib, indah dan berbudaya Adiwiyata sesuai dengan Visi dan Misi SD Negeri 2 Semanding. Untuk mencapai Tujuan Pendidikan Sekolah maupun Tujuan Pendidikan Nasional.
Kepala Sekolah beserta Dewan Guru, TU, Penjaga Sekolah mempunyai tanggung jawab penuh untuk mengelola dan menyelenggarakan proses kegiatan Pendidikan di dalam maupun di luar sekolah. Oleh sebab itu RKS / RAKS Jangka Pendek maupun menengah 1 tahun dan 5 tahun, merupakan cita – cita untuk mencapai Tujuan Pendidikan serta dari SD Negeri 2 Semanding
Demikian Pengantar kami mudah – mudahan menjadi kenyataan amin – amin ya robal Alamin.

Kepala Sekolah SD Negeri 2 Semanding
BAB I
PENDAHULUAN
Dengan mengucap syukur Alhamdulillah kehadirat Allah SAW atas limpahan rahmat, taufiq seta hidayahnya. Kami dapat menyusun dan merencanakan Program Rencana Kerja Sekolah dan Rencana Kerja Anggaran Sekolah baik jangka pendek maupun jangka menengah. Baiklah kami akan memaparkan RKS maupun RKAS tahun 2010/2011 serta 5 tahun yang akan datang.
Sekolah kami SD Negeri 2 Semanding dengan Desa Semanding kala itu di minta oleh Pemerintah untuk menyediakan sebidang lahan yang sedianya akan di dirikan sekolahan. Desa Semanding ketika itu di Pimpin oleh Bapak SUDIRO (alm) atau lebih terkenal dengan nama SUMO DIHARJO.
Bapak Kepala Desa SUMO DIHARJO berusaha memenuhi keinginan dari Pemerintah dengan jalan membeli sebidang tanah dari NDORO ONDER ketika itu.
Setelah mendapatkan lahan yang akan dipergunakan untuk mendirikan sekolahan, Maka Pemerintah melalui Intruksi Presiden, pada Tahun 1977 mulai membangun cikal bakal gedung SD Negeri 2 Semanding No. 67 Kecamatan Jenangan Kabupaten Ponorogo. CV yang ditugasi untuk membangun gedung SD Negeri 2 Semanding No. 67 Kecamatan Jenangan Kabupaten Ponorogo adalah CV. ILHAM dari Ponorogo. CV ILHAM di pimpin oleh Bapak SUFIKRI. Lahan yang di bangun adalah lahan yang sebelah barat.
Pada tahun 1978 CV GUNUNG MAS yang dipimpin oleh Bapak GUNUNG di serahi tugas oleh Pemerintah untuk membangun gedung baru di lahan tanah sebelah timur.
Pada tahun 1980 SD Negeri 2 Semanding No. 67 Kecamatan Jenangan Kabupaten Ponorogo untuk pertama kalinya menerima siswa baru kurang lebih 20 siswa.
v           Motto Kepala Sekolah :
a.       Inovasi Tiada Henti, mengikuti Perkembangan IPTEK dan Berimtaq
b.      Teguhkan Hati Kuatkan Diri
c.       Jauhi dari Sifat Korupsi, Iri dan Dengki
d.      Jadilah Orang yang Sabar, Pemaaf mudahkan Urusan Orang lain.
v           Moto Guru
a.       Bekerja Disiplin, Mencintai Siswa
b.      Mengikuti perkembangan IPTEK dan Berimtaq
c.       Menciptakan Siswa Berprestasi
v           Motto Siswa
a.       Hormati Guru, Sayangi Teman Unggul Dalam Prestasi Santun Dalam Sikap.
A.     LATAR BELAKANG
Kinerja Kepala Sekolah pada umumnya sangat tergantung pada petunjuk atasan bersifat komando sentralistik bukan inisiatif, inspiratif dari bawah, hal ini berdampak terbelenggunya kredibilitas kinerja kepala sekolah dan guru – guru bahkan semua implementasi pendukung sistem sentralistik yang mengedepankan distribusi informasi dan instruksi atas, bahwa disadari atau sudah terpola kuat dan mengakar dari dulu hingga sekarang pada semua lini pendiidikan. Ironis memang suatu gagasan ideal yang baik apapun bentuknya ternyata sering kali harus diterjang dengan birokrasi pendidikan yang cenderung hirarkis dan senantiasa di mobilisir.
Tak terkecuali Tanya guru – guru sebagai penata keberhasiilan pendidikan, juga tergantung pada kebijaksanaan atasan, disamping itu guru kerap kali masuk memegang sebagai dewa sumber pengetahuan satu – satunya guru merasa lebih baik dari segala galanya sehingga tanpa berinovasi akibatnya murid juga tidak terpancing berinovasi dan berkreditifitas sehingga pelajaran bersiifat konvensional.
Tanggung jawab guru dalam pengelolaan kelas beragam ada yang statis dan dinamis kompetitif.Statis tidak terprogram gersang dari sumber belajar, tidak kompetitif baik antar Kepala Sekolah, Guru maupun Siswa bersifat fungsional sekedar melakukan tugas keguruan belaka mereka terjebak dalam rutinitas kebiasaan kerja tidak ada perbedaan hari ini dan hari esok tidak ada pertambahan perkembangan.
Guru yang dinamis berkompetitif selalu mengikuti pembaharuan. Subur memberi motifasi antar guru, siswa menuju pada prestasi dan kemajuan yang harus dicapai mengikuti perkembangan tehnologi yang ada selalu siap menghadapi tantangan ingin tahu hari ini harus lebih baik dari hari kemarin.
Demikian pula terhadap ppengelolaan yang lain Pembelajaran monoton, mencatat,, ceramah tugas administrasi kurang tertib kurang memberi bimbingan belajar yang baik pada siswa, tanggung jawab rendah hanya mengajar tidak mendidik.
Wali murid beragam dengan prosentase buruh, pedagang kecil mencapai yang tertinggi, pendidikan wali murid prosentase tertinggi lulusan SD dan SMP merupakan salah penyebab kurangnya menyambut putra putrinya belajar, tenaga dan pikirannya banyak digunakan mencari nafkah disaat materi cukup digunakan untuk konsumtif, sehingga tetap mengesampingkan pendidikan, Mengapa ? karena kurangnya sosialisasi pendidikan sebagai peradaban bangsa maupun aset kekuatan sosial.
Sebagian besar tidak memenuhi kebutuhan pendidikan siswa material maupun spiritual. Orang tua keberatan membiayai sarana belajar sudah diserahkan pada gurunya disekolah padahal pendidikan merupakan tanggung jawab bersama orang tua, guru dan masyarakat.
Guru berinteraksi bersama murid orang tua seiring, sejalan untuk mencapai tujuan yang diharapkan.
B.     DASAR PENYUSUNAN PROGRAM
         Sebagai dasar penyusunan program sekolah adalah sebagai berikut           :
1.            UU RI No.20 Th.2003  tentang SISTEm Pendidikan Nasional
2.            SK MENPAN RI 004/2002 Tentang Dewan Pendidikan dan Komite Sekolah.
C.     TUJUAN
  1. Tujuan Umum
Tujuan pengembangan sekolah adalah hal yang mengacu pada pencapaian tujuan Pendidikan nasional yang ditetapkan oleh GBHN sesuai dengan UU sikdiknas.
  1. Tujuan  Khusus
Lembaga Pendidikan Dasar mempunyai garapan yang fundamental, untuk mendapatkan perhatian khusus dan serius untuk menciptakan generasi yang memiliki SDM yang tangguh dalam mengikuti perkembangan IPTEK maupun IMTAG.
Untuk ini kepala sekolah beserta jajaran lainnya melalui program MBS, dengan Pilar PAKEM serta penggunaan kurikulum tahun 2006 yang dikenal KTSP mempunyai komitmen menjadi tujuan SD Negeri 2 Semanding dalam rangka memberi pelajaran yang optimal terhadap masyarakat serta tercapainya peningkatan mutu pendidikan dasar umunya serta tujuan sekolah khususnya.
a.       Meningkatkan kemampuan profesionalisme guru dalam melaksanakan tugasnya sebagai pengayaan, Pendidik Pelatih dan pembimbing.
b.      Memaksimalkan proses pembelajaran PAKEMI siswa memperoleh rata – rata seluruh MAPEL 7,5..
c.       Memaksimalkan Pembelajaran Siswa kelas VI lulus 100 % dengan rata – rata 3 Mata Pelajaran  8.00
d.      Memaksimalkan program kegiatan Intrakurikuler dan Ekstrakurikuler
e.       Meningkatkan prestasi siswa dibidang akademik, non akademik.
f.        Meningkatkan peningkatan mutu melalui IPTEK dan IMTAQ
g.       Memaksimalkan program MBS,
h.       Mengutamakan unggul dalam prestasi santun dalam sikap.
i.         Terciptanya pengelolaan keuangan yang transparan dan akuntable.
j.        Meningkatkan sarana dan prasarana serta lingkungan bersih, sehat, Indah dan Kondusip.
k.      Meningkatkan pelayanan pada siswa masyarakat dengan program sekolah gratis.
l.         Memaksimalkan peran serta masyarakat untuk menuju tercapainya peningkatan mutu dan tujuan pendidikan umum maupun sekolah.









BAB II
RENCANA KERJA PENGEMBANGAN SEKOLAH


A.                 VISI, MISI DAN TUJUAN SEKOLAH
      1.   Visi
            Menjadikan SDN 2 Semanding No. 67 sekolah yang Berptestasi, Berkepribadian, Berdasarkan Iman dan Taqwa.
     
      Dengan indikator :
            a.   Berprestasi dalam perolehan nilai Ujian  Nasional ( UN )
            b.   Berprestasi dalam bidang olahraga
            c.   Berprestasi dalam bidang ketrampilan
            d.   Berprestasi dalam lomba pelajaran
            e.   Berprestasi dalam aktifitas keagamaan
            f.    Menjalin hubungan yang harmonis dengan masyarakat
            g.   Masyarakat, orangtua, berpartisipasi aktif dalam perencanaan, pendanaan, dan pelaksanaan  program sekolah.

      2.   Misi
            a.   Melaksanakan KBM dan Bimbingan yang efektif dan optimal sesuai dengan tugas dan kewajibannya
            b.   Meningkatkan kinerja guru dengan peningkatan sumber daya manusia
            c.   Melaksanakan Bimbingan dan Penyuluhan dalam berperilaku santun
            d.   Menciptakan siswa berkepribadian dan berbudi luhur di sekolah, di keluarga serta di masyarakat

      3.   Tujuan Sekolah
            a.   Meningkatkan kemmampuan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi bagi peserta didik
            b.   Meningkatkan kinerja dan kualitas pendidikan dalam meraih prestasi siswa
            c.   Berperilaku sopan terhadap guru, orang tua, dan masyarakat
            d.   Dapat melaksanakan ibadah sesuai dengan ajarannya
            e.   Komite dan Masyarakat merasa andarbeni dan bertanggung jawab adanya sekolah yang ada di lingkungannya.


B.                 Tujuan Jangka Pendek 1 Tahun
1.      Kesadaran mematuhi peraturan tatib sekolah .
2.      Memaksimalkan disiplin guru dan murid dalam proses pendidikan di sekolah
3.      Penanganan khusus siswa yang lambat membaca, menulis berhitung.
4.      Memaksimalkan Pembelajaran PAKEM
5.      Membudayakan berbahasa Indonesia setiap hari.
6.      Membudayakan membaca perpustakaan setiap hari sabtu jam terakhir.
7.      Membudayakan bahasa inggris setiap Minggu 1 jam pelajaran.
8.      Meningkatkan keimanan membaca surat yasin bersama kelas I – VI setiap Jum’at ke I dan ke IV
9.      Memberikan bimbingan belajar yang baik oleh Kepala Sekolah setiap Tri wulan kelas I – VI

C.                  Persiapan Siswa Berprestasi
1.      Memberikan tambahan pelajaran les setiap guru 1 minggu 3 kali jam nol maupun sore hari.
2.      Mengadakan seleksi lomba MIPA setiap 3 bulan.
3.      Mengadakan lomba mengarang bahasa Indonesia setiap 3 bulan siswa kelas I – VI
4.      Mengadakan lomba menggambar kelas IV – VI setiap semester.
5.      Mengadakan lomba pidato, B.Indonesia, B.inggris setiap semester.
6.      Mengadakan lomba mewarnai kelas I – III tiap semester.
7.      Mengadakan lomba menulis kaligrafi, membaca tartil al Qur’an setiap hari besar Islam.
8.      Mengadakan pameran hasil karya pendidikan setiap tahun sekali.

D.                Tujuan Jangka Menengah 5 Tahun
1.      Pemberdayaan Prestasi Akademik dan Non Akademik.
2.      Meningkatkan prestasi dari sekolah Standart menjadi Sekolah Rintisan.
3.      Memaksimalkan ( MBS ).
4.      Meningkatkan Wawasan Wiyata Mandala.
5.      Menciptakan Sekolah Adiwiyata.
6.      Menciptakan sekolah lingkungan sekolah sehat.
7.      Menciptakan sekolah ramah, sayang anak berbudaya agamis.


BAB III
KONDISI OBYEKTIF SD NEGERI 2 SEMANDING NO. 67
KECAMATAN JENANGAN KABUPATEN PONOROGO

A.                 Keadaan Sekolah
1.            Nomor Statistik Sekolah ( NSS )             :     101051119010
2.            Nomor Statistik Sekolah ( NPSN )          :     20510034
3.            Luas Tanah                                              :     2300 m
4.            Jumlah Bangunan                                     :     2  unit
5.            Jumlah Ruang                                          :     8 Ruang
6.            Ruang Belajar                                          :     6 Ruang
7.            Ruang Laboratorium                                :     - R
8.            Ruang UKS                                             :     - R
9.            Ruang Guru / KS                                     :     1 R
10.        Ruang Perpustakaan                                :     - R
11.        Ruang Komputer                                     :     1 R
12.        Ruang Musholla                                       :     - R
13.        Ruang Guru                                             :     - buah
14.        Tempat Parkir                                         :     1 buah
15.        Tempat Duduk Siswa                              :     35 buah
16.        Luas Bangunan                                        :     2.000 m2
17.        Luas Halaman Bermain                            :     1342 m2
18.        Alamat Sekolah                                       :     Jl. Raya Ngebel 192
19.        Desa                                                       :     Semanding
20.        Kecamatan                                              :     Jenangan
21.        Kabupaten                                              :     Ponorogo
22.        Propinsi                                                   :     Jawa Timur
23.        Fax Telepon                                            :     ( 0352) 531540
B.                 Pembelajaran
1.1       Kurikulum yang digunakan adalah  KTSP Th. 2006 beserta Reviewnya
1.2       Kegiatan Belajar Mengajar dilaksanakan sistem guru kelas dan guru mata pelajaran
1.3       Pola yang digunakan managemen berbasis sekolah ( MBS ) dengan pola Pengajaran PAKEMI
Dari Segi Guru Pembelajaran Yang Mengacu Pada Pengajaran PAKEMI yaitu  :
A : Aktif  Guru
1.            Memantau kegiatan belajar siswa
2.            Memberi umpan balik
3.            Mengajukan pertanyaan yang menantang
4.            Mempertanyakan gagasan siswa
K : Kretaif Guru
1.            Mengembangkan kegiatan yang beragam
2.            Membuat alat bantu belajar
E : Efektif Pembelajaran
1.            Efektif penggunaan waktu
2.            Efektif mencapai tujuan pembelajaran
M : Menyenangkan
1.            Guru menyenangkan suasana pembelajaran
2.            Tidak membuat anak takut salah dimarahi, ditertawakan, Bodoh dan dianggap sepele.
I   :  INOVATIF
1.            Guru harus bisa melakukan pembaharuan dalam sistem pembelajaran
2.            Kegiatan Belajar Mengajar Yang Variatif
3.            Melakukan terobosan baru dalam kegiatan belajar



BAB  IV
PENUTUP

Program Sekolah ini disusun sebagai landasan untuk menuju sekolah SDN 2 Semanding No. 67  Kecamatan Jenangan Kabupaten Ponorogo Tahun 2010/2011 yang berprestasi, berkepribadian, berdasarkan iman dan taqwa.
Program Sekolah ini masih sangat jauh dari sempurna, oleh karena itu kami tidak lupa selalu mengharapkan dari bapak/ibu atasan kami yang berwenang, untuk memberikan bimbingan, petunjuk, saran serta kritikan dan revisi demi keberhasilan pendidikan anak-anak didik di SDN 2 Semanding No. 67  Kecamatan Jenangan Kabupaten Ponorogo.
Dan kami berharap semoga Program Sekolah ini dapat disetujui dan bermanfaat dan kami laksanakan dengan sebaik-baiknya. Semoga Tuhan Yang Maha Esa meridloinya. Amin-amin  Ya Robbal ‘Alamin.



Mengetahui
Ketua Komite SDN 2 Semanding No. 67 Kecamatan Jenangan





GATHOT  SUBROTO
Ponorogo, 12 Juli 2010
Disusun oleh
Kepala SDN 2 Semanding No. 67
Kecamatan Jenangan





EDY SUNARYOTO, S.Pd
NIP. 19640308 198703 1 017

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar